A. Penjelasan Marketing
Pemasaran atau marketing adalah suatu
rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.
Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya
dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.
Atau definisi marketing yaitu perpaduan
antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat
mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat
mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya
kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan
keuntungan. Itulah beberapa penjelasan mengenai marketing pilih yang
mana saja karena semua intinya sama.
Marketing memang sangat erat kaitannya
dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari sebab objeknya ialah
Konsumen. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada
beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak
kita beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun
kualitas saat melakukan pembelian. Jadi kita sebagai konsumen dapat
dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan
kegiatan marketing.

Penjelasan tentang pemasaran atau marketing.
Dengan adanya marketing para konsumen
tidak perlu memenuhi kebutuhannya secara sendiri-sendiri. Karena dengan
melakukan pertukaran dengan para pelaku marketing, konsumen dapat
memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun
jasa.
Bagi perusahaan, marketing memang
merupakan kegiatan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam
menentukan maju-mundurnya perusahaan, karena marketing memiliki fungsi
untuk menghasilkan pemasukan. Semakin besar pemasukan maka perusahaan
akan semakin maju dan berkembang, sedangkan jika pemasukan kurang atau
kecil maka perusahaan akan mengalami kemunduran.
B. Fungsi marketing pada perusahaan
Beberapa fungsi marketing pada perusahaan, diantaranya sebagai berikut ini:
a. Fungsi pertukaran
Dengan marketing, konsumen dapat membeli
produk yang berasal dari produsen baik itu dengan menukar uang dengan
produk maupun melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan
sendiri ataupun untuk dijual kembali.
b. Fungsi distribusi fisik
Distribusi fisik pada produk dilakukan
dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang berasal dari
produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen dan disalurkan melalui
darat, air atau udara. Lalu penyimpanan produk dilakukan dengan cara
mengendapkan dan menjaga pasokan produk supaya tidak terjadi kekurangan
pada saat diperlukan.
c. Fungsi perantara
Untuk dapat menyampaikan produk dari
produsen kepada konsumen dilakukan lewat perantara pemasaran atau
marketing yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi
fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lainnya seperti pembiayaan,
pencarian informasi, pengelompokan produk, dsb.
Adapun beberapa fungsi lain dari divisi marketing pada perusahaan, yang biasanya sebagai berikut ini:
a. Marketing berperan sebagai sales
Tugas utama marketing bisanya yaitu
menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penjualan
terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
b. Marketing berperan sebagai promosi
Maksudnya marketing berfungsi untuk
memperkenalkan perusahaan dan produk yang dihasilkannya kepada
masyarakat luas, sehingga perusahaan dan produknya dapat dikenal.
c. Marketing sebagai riset dan pengembangan
Maksudnya marketing juga berfungsi
sebagai penyerap berbagai macam informasi dan menyampaikannya pada
perusahaan yang berkaitan tentang apa saja yang bermanfaat untuk
mendukung dalam peningkatan kualitas maupun penjualan produk yang
dihasilkan oleh perusahaan.
d. Maktering berperan sebagai perwujudan konsep marketing communication
Maksudnya marketing dapat berperan untuk
membuat hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat atau
perusahaan dan lingkungan sekitarnya.
C. Konsep Pemasaran
a. Dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
Sangat penting sekali untuk membedakan
mana itu kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia
merupakan suatu ketidakadaan beberapa kepuasan yang paling mendasar,
seperti manusia sangat membutuhkan sandang, pangan dan papan ada juga
kebutuhan lainnya misalnya seperti kemanan, hak milik dsb. Kebutuhan
tidak dapat diciptakan oleh masyarakat maupun pemasar, akan tetapi
mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi atau keadan manusia itu
sendiri. Selain itu manusia juga selalu menginginkan berbagai macam hal
supaya merasa puas misalnya seperti nginginkan rekreasi atau berwisata,
pendidikan dan berbagai macam jasa.
b. Produk
Produk merupakan penawaran yang dapat
dibegi kedalam 3 kategori, yang diantaranya barang, jasa, dan gagasan.
Semua produk yang dihasilkan oleh produsen merupakan sesuatu yang
ditawarkan kepada konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhannya.
c. Nilai, biaya dan kepuasan
Dalam hal ini tergantung dari pemikiran
setiap konsumen terhadap produk yang digunakan untuk memenuhi
kebutuhannya. Misalnya seorang pelajar untuk memuaskan dan memenuhi
kebutuhannya saat berangkat ke sekolah dia memilih menggunakan kendaraan
umum atau kendaraan pribadi. Jika pelajar tersebut memakai kendaraan
umum seperti bus kekurangannya mungkin sedikit lambat tapi lebih aman,
sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor akan lebih
cepat tapi kurang aman. Pada masing-masing produk tadi jika diamati akan
memiliki kepuasan yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan tergantung dari
pemikiran setiap konsumen.
d. Pertukaran dan transaksi
Jika persyaratan telah disetujui oleh
kedua belah pihak maka pertukaran akan terjadi. Pertukaran seharusnya
dilihat sebagai suatu proses. Kedua belah pihak akan terlibat dalam
pertukaran jika menuju kepada kesepakatan. Jika sudah tercapai
kesepakatan, maka transaksi akan terjadi.
e. Hubungan dan jaringan
Pemasaran hubungan merupakan transaksi
untuk memuaskan pihak-pihak kunci misalnya seperti pelanggan, pemasok
dan penyalur yang dimana tujuannya untuk mempertahankan bisnis jangka
panjang. Sedangkan hasil dari pemasaran hubungan yaitu untuk
mengembangkan berbagai macam aset unik yang dimiliki oleh perusahaan
yang biasanya disebut dengan jaringan pemasaran. Jaringan pemasaran
umumnya terdiri dari perusahaan lagi dan pihak-pihak yang memiliki
berbagai macam kepentingan seperti misalnya konsumen, para pekerja,
pemasok, penyalur dsb.
f. Pasar
Pasar terdiri dari pembeli atau konsumen
yang memiliki kebutuhan tertentu yang mungkin kebutuhannya tersedia dan
mampu melaksanakan pertukaran nilai, sehingga dapat terjadi transaksi
untuk memuaskan kebutuhannya. Ukuran pasar tergantung dari jumlah
konsumen yang ingin memuaskan kebutuhannya dan memiliki sumber daya
untuk ditukarkan dengan apa yang mereka butuhkan.
g. Pemasar dan calon pembeli
Apa itu pemasar? pemasar yaitu orang
yang mencari calon pembeli yang nantinya akan terlibat dalam pertukaran
nilai, sehingga calon pembeli dapat terpenuhi kebutuhannya. Lalu apa itu
calon pembeli? Calon pembeli yaitu orang yang akan diidentifikasi oleh
pemasar dan nantinya mungkin dapat terlibat dalam pertukaran nilai
sehingga terjadi transaksi.
Demikian penjelasan tentang pengertian marketing,semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kesalahan ataupun kekurangan, terimakasih telah berkunjung…
Pengertian Marketing Dan Fungsinya Beserta Konsepnya Lengkap
4/
5
Oleh
Unknown