Pages

Kamis, 21 Februari 2013

UNIT PENYIMPANAN (STORAGE DEVICE)



UNIT PENYIMPANAN (STORAGE DEVICE)

Perangkat keras penyimpanan berfungsi sebagai tempat menyimpan data informasi dan program secara permanen agar dapat dikembalikan kembali oleh komputer setiap dibutuhkan, yang termasuk perangkat keras ini sebagai berikut :

A. Harddisk
Harddisk terbuat dari lempengan (piringan) yang dilapisi dengan material yang dapat di magnetik pada kedua sisinya. Harddisk dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat.

B. Floppy disk
Floppy disk adalah piringan yang fleksibel yang terbuat dari mylar yang dilapisi dengan zat ferro oksida. Karena piringan ini bersifat sangat tipis dan dilapisi plastic, alat ini lebih di kenal dengan disket, disket hanya mampu menyimpan data dengan ukuran terbatas. Saat inipun sudah jarang sekali digunakan.

C. Magneto-optical
Magneto-optical (MO) adalah gabungan dari drive magnetic dan optic, dimana data ditulis ke dalam media penyimpanan dengan bantuan sinar laser dan head magnetic. Perangkat ini tidak popular dalam masyarakat pengguna komputer.

D. Optical disk
Media penyimpanan optikal dengan menggunakan sinar laser untuk menulis dan mengambil data. Teknologi ini sama dengan yang digunakan pada teknologi audio VCD karena isinya bersifat permanent dan tidak dapat dirubah dan dihapus, yang dinamakan CD-ROM (compact disc-read only memory)

E. CD-R dan CDRW
Sesuai perkembangan jaman, sekarang banyak pilihan keping CD yang dapat ditulis dan dihapus untuk dapat dipakai lagi yang disebut CD-R (compact disc-recordable) dan CDRW (compact disc-recordable writeable).

F. Memory
Memory adalah mekanisme penyimpanan data yang digunakan oleh komputer. Dalam komputer semua data terdiri dari serangkaian angka, komputer menyimpan angka-angka tersebut dalam memory untuk kemudian digunakan.

       Memory dalam komputer dibagi menjadi :
·         Memory Internal, Internal memory beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU, internal memory terkandung dalam chip komputer dan menggunakan IC untuk menyimpan data. Yang tergolong internal memory yaitu ROM dan RAM
·         Memory Eksternal, juga disebut sebagai media ekternal, penggunaan memory ekternal pada dewasa ini sangat popular digunakan, yaitu yang disebut flash disk atau flash drive yaitu memory yang dapat pasang dan dicabut dengan mudah penyimpanan karena ukurannya yang kecil.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Ged a Widget

Blogroll